Minggu, 30 Oktober 2011

TIPS MENGHEMAT BATERAI LAPTOP ATAU NOTEBOOK

TIPS MENGHEMAT BATERAI LAPTOP ATAU NOTEBOOK

Pengguna laptop (notebook) dan netbook sekarang sudah semakin banyak, bisa dikatakan dengan semakin terjangkaunya harga keduanya, maka semua orang bisa memilikinya. Fungsi laptop selain untuk mendukung kuliah, pekerjaan sehari-hari di kantor juga dapat digunakan untuk hiburan. Namun pemakaian yang tidak terkontrol membuat baterai cepat habis. Dimana perlakuan memakai baterai (dis-charger) atau mengisi baterai (re-charge) akan memperpendek umur baterai. Kedua perlakuan tersebut akan menghabiskan umur baterai menjadi lebih singkat. Bila satu langkah saja dapat dijaga, maka umur baterai akan lebih lama.

Disini saya akan beri sekedar tip dan saran agar baterai laptop atau netbook memiliki umur lebih panjang. Tip dan saran tersebut diantaranya adalah:
Untuk pemakaian hanya di rumah/kantor alias tidak mobile, lepaskan baterai dari laptop, gunakan power langsung dari adaptor yang dicolok ke listrik. Pakai baterai untuk keperluan mobile saja. 


Baterai yang jarang digunakan jangan dibiarkan menganggur untuk waktu yang lama. Cobalah menggunakan baterai anda sekali dalam sebulan agar baterai anda tidak berkurang kapasitasnya.


Untuk menghindari mati saat listrik padam, maka tancapkan adaptor laptop pada UPS sehingga Anda memiliki kesempatan untuk menyimpan data-data sebelum benar-benar mati.

Atau kalau Anda memiliki dua buah baterai, dimana yang satu lama sudah ngedrop dan yang satu masih baru. Maka gunakan saja baterai yang lama tadi selalu terpasang di laptop dan gunakan power langsung, jadi fungsi baterai lama ini bisa seperti UPS, tidak akan langsung padam jika listrik mati.


Ketika baterai sudah penuh (100%), sebaiknya segera lepaskan adaptor untuk mengisi baterai. 


Lebih baik memakai kipas tambahan (murah kok) untuk laptop bila sering dipakai dalam waktu lama. Sama seperti peralatan elektronik lainnya, laptop beroperasi dengan lebih efisien jika ia dijaga agar tetap sejuk. Suhu panas menganggu kemampuan baterai, menghadapi temperature terlalu panas akan memperburuk daya tahan baterai itu sendiri.


Redupkan intensitas layar laptop, semakin terang layar anda, semakin banyak konsumsi tenaga yang dibutuhkan (memang sih semakin terang semakin gegas unjuk kerja laptop). Jika anda tidak dapat bekerja dengan yang redup, setidaknya buatlah intensitas tidak terlalu terang dan nyaman untuk mata Anda.


Nonaktifkan peralatan eksternal atau matikan USB saat tidak digunakan lagi. ( oiya, catatan penting untuk Anda : JANGAN terlalu mengandalkan menyimpan data selalu di flashdisk, maksudnya buka dokumen langsung flashdisk dan itu dilakukan berjam-jam, sebaiknya disalin dulu file tersebut ke harddisk laptop/pc baru selanjutnya diproses buka, setelah selesai baru disalin kembali ke flashdisk. Karena banyak pengalaman, flashdisk mudah rusak sehingga data-data penting tidak dapat dibaca lagi. Salah satu penyebabnya adalah listrik yang tidak stabil yang dapat mengakibatkan komponen flashdisk rusak. )

Jika tidak konek ke jaringan termasuk Internet, maka matikan sementara WiFi atau Bluetooth, karena peralatanWiFi dan Bluetooth ini mengkonsumsi banyak tenaga. Matikan saat tidak digunakan, maka kerja laptop anda akan menjadi lebih ringan.


Hindari membuka file pada CD/DVD secara langsung dalam waktu lama atau membiarkan piringan CD selalu ada dalam CD/DVD drive, karena mereka mengkonsumsi lebih banyak energi, Cobalah untuk menyalin file dan membukanya di harddisk. 


Jika komputer tidak dipakai lama, maka matikan atau atur otomatis setelah berapa menit tidak dipakai berpindah ke mode Hibernate, jangan Standby. Standby mengurangi penggunaan energi, namun tidak sebanyak hibernation yang membuat pemakaian energi menjadi nol saat tidak aktif. Selain itu hibernate membuat komputer startup lebih cepat dari biasanya dan Anda akan dibawa kembali ke posisi pekerjaan terakhir sebelum dilakukan hibernate.


Jangan melakukan Multitasking terlalu berat - Cobalah untuk mengerjakan satu hal setiap waktu saat anda mengandalkan baterai. Semakin banyak program dan aplikasi yang jalankan, semakin besar beban yang ditanggung laptop anda, semakin berat laptop anda bekerja. Tutup program yang tidak diperlukan. 


Jangan bermain game jika anda tidak memiliki pekerjaan untuk dilakukan, hindarilah/kurangi bermain game atau menonton DVD. Aktivitas ini menggunakan lebih banyak tenaga dibandingkan membuka email atau menggunakan word.


Jangan biarkan baterai laptop terbuka pada temperatur ekstrim atau cahaya matahari langsung. Simpanlah di tempat yang kering dan sejuk, biasanya diwadahkan ke dalam plastik lalu dimasukkan kotak yang berbusa tebal supaya jika jatuh tidak terguncang keras.

0 komentar:

Posting Komentar