Hasil riset memperlihatkan bahwa pertumbuhan penggunaan Internet di
Indonesia terus meningkat. Jika di tahun 2010 lalu rata-rata penetrasi
penggunaan Internet di kota urban Indonesia masih 30-35 persen, di tahun
2011 ini ditemukan oleh MarkPlus Insight bahwa angkanya sudah di
kisaran 40-45 persen.
Hasil riset, yang dirilis oleh Majalah
Marketeers ini, dilakukan oleh MarkPlus Insight terhadap 2161 pengguna
Internet di Indonesia memberikan gambaran jelas mengenai tren penggunaan
Internet di Indonesia. Menurut MarkPlus Insight, jumlah pengguna
Internet di Indonesia pada tahun 2011 ini sudah mencapai 55 juta orang,
meningkat dari tahun sebelumnya di angka 42 juta.
Studi terhadap
urban netizen di Indonesia ini dilakukan pada bulan Agustus – September
2011 di 11 kota besar antara lain Jakarta, Bodetabek, Surabaya, Bandung,
Semarang, Medan, Makassar, Denpasar, Pekanbaru, Palembang, dan
Banjarmasin.
Mereka yang diriset adalah pengguna Internet, usia
15-64 dari SES ABC dan menggunakan Internet lebih dari 3 jam sehari.
Satu yang diangkat menjadi payung utama dalam riset tahun ini adalah
mengenai nilai-nilai, perilaku dan gaya hidup para pengguna Internet di
Indonesia.
Angka pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia masih
didominasi oleh anak muda dari kelompok umur 15-30 tahun. Di
masing-masing kota yang disurvei oleh MarkPlus Insight, sekitar 50
persen hingga 80 persen dari pengguna Internet merupakan kaum muda.
Dari
riset ini terkuak pula pertumbuhan jual/beli online sebesar 100 persen
pada tahun 2011 dibanding tahun 2010. Seperempat pengguna Internet
memiliki alat untuk melakukan e-payment. Di antara alat yang
tersedia, SMS dan Internet banking menjadi yang paling populer. Internet
banking didominasi oleh dua bank yaitu Bank Mandiri yang kuat di luar
Jawa dan Bank BCA di pulau Jawa.
Tren meningkatnya penggunaan
Internet Banking di Indonesia dapat pula dilihat dari trafik
pengunjung ke KlikBCA.com dan bankmandiri.co.id yang kini berada di
peringkat 15 dan 28 website terpopuler di Indonesia menurut Alexa.com.
Riset
Netizen 2011 oleh MarkPlus Insight ini juga memberikan indikasi
bahwa rata-rata pengguna Internet di Indonesia mengakses melalui smartphone dan notebook.
Dari
sini juga terkuak bahwa mayoritas pengguna Internet aktif di Indonesia
mengganti ponsel mereka dalam satu tahun belakangan, dengan alasan yang
sifatnya emosional antara lain karena ingin mengikuti model terbaru,
mengikuti tren sosial, atau bahkan sekedar menambah koleksi.
Penetrasi
mobile Internet di Indonesia saat ini sebesar 57 persen. Dari segi
jumlah populasi, data dari MarkPlus Insight mengatakan bahwa saat ini
ada 29 juta mobile Internet user di Indonesia. Dengan maraknya gadget baru yang berkembang dan ditunjang pula oleh semakin terjangkaunya harga paket mobile
Internet yang ditawarkan oleh operator seluler, angka ini meningkat
sebesar hampir 100 persen dari tahun sebelumnya yaitu 16 juta orang.
Angka populasi pengguna mobile Internet di Indonesia menurut riset MarkPlus Insight ini tidak menghitung berapa besaran jumlah gadget
yang aktif terhubung dengan Internet. Di riset ini juga terkuak bahwa
rata-rata netizen di Indonesia punya gadget lebih dari satu yang
terkonek dengan Internet.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar